Isnin, 2 Mei 2011

Yummy ! Strawberry ~


Strawberry atau stroberi adalah tanaman umum dari genus Fragaria yang dibudidayakan di seluruh dunia.


 Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari streaw atau “straw”   dan berige atau “berry”.


 Strawberry disukai banyak orang, terutama karena aromanya yang khas, warna merah cerah yang kaya akan pigmen antosianin yang mengandung antioksidan tinggi dan juga senyawa-senyawa lain seperti serat, vitamin C, potasain dan asam ellagic, dan dikonsumsi dalam jumlah besar baik dimakan langsung atau dalam makanan olahan seperti manisan, jus buah, pie, es krim, milk shake, dan sebagainya.



 Kandungan gizi buah strawberry segar dalam 160 gram mengandung : energi 50 kalori ; protein 1 gram; karbohidrat 11,65 gram; serat 3,81 gram; kalsium 23, 24 mg; magnesium 16,60 mg ; fosfor 31,54 mg ; potasium 44,82 mg ; selenium 1,16 mg ; vitamin C 94,12 mg ; folat 29,38 mg ; vitamin A 44,82 IU (Anonymous, 2005) 



Kandungan yang terdapat dalam strawberry berikut manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut: 

1. Asam folat : penting untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin.


2. Vitamin B1, B2, C, dan provitamin A : membantu menghaluskan kulit, membuat kulit lebih cerah, dan mencegah pengeriputan.


3. Vitamin C : pertumbuhan anak, menjaga gigi dan gusi anak-anak tetap sehat, membantu penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, serta sebagai antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.


4. Asam ellagic : dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker.


 KHASIAT


1. Warna merah strawberry disebabkan karena buah kaya pigmen warna antosianin yang dapat menjadi antioksidan

 2. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dibandingkan buah-buahan dan sayuran menyebabkan strawberry dapat digunakan untuk menanggulangi masalah penyakit akibat radikal bebas seperti kanker, stroke dan proses penuaan.

3. Dapat mencegah terjadinya radang dan alergi.         


4. Strawberry merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah sehingga cocok untuk diet pengidap diabetes, melawan encok dan radang sendi.

5. Karena antioksidan yang tinggi buah ini juga untuk menghaluskan kulit dan membuat cerah. Daun strawberry berkhasiat untuk menghentikan diare.

6. Dapat memutihkan atau membersihkan permukaan gigi.

 7. Ampuh melawan encok dan radang sendi.

8. Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent. Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry per hari, dapat efektif menghentikan serangan diare. 9. Kebutuhan vitamin C orang dewasa perharinya dapat dicukupi oleh 8 buah strawberry (98 mg). Kebutuhan serat juga sekaligus bisa terpenuhi.




Tiada ulasan:

Catat Ulasan